Mahasiswa KKLP STIA Prima Bone Tersebar di Sembilan Desa di Kecamatan Bengo

Apel Sore Mahasiswa KKLP Angkatan XXII STIA Prima Bone dipimpin dosen pembimbing


BONE- Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Prima Bone angkatan XXII akan tersebar di sembilan desa di Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Sebelum diterjunkan ke desa, mahasiswa mendapat pembekalan yang dipimpin langsung, Ketua STIA Prima Bone, Prof Dr Dra Hj A. Cahaya M.Si didampingi beberapa dosen pembimbing.

Dalam arahannya di lapangan utama Kampus STIA Prima Bone. Wanita yang sukses meraih gelar guru besar pada 2022 lalu menekankan terkait dengan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti proses pengabdian di masyarakat.

"Kami meminta kepada mahasiswa untuk betul-betul siap. Baik secara mental maupun fisik, bahwa kalian turun di desa melakukan pengabdian. Jangan pernah menganggap remeh KKLP, karena kalau ini tidak tuntas maka kalian tidak akan menyandang status sarjana," ungkapnya.

Selanjutnya, dipimpin dosen pembimbing Firman Hamzah S.Sos, M.Si mahasiswa diwakili Koordinator Desa (Kordes)  mengikuti proses lot untuk menentukan desa tempat mereka berposko.

"Jadi setelah melakukan proses lot. Maka nanti dosen pembimbing akan mulai memberi materi terkait dengan hal-hal yang akan dilakukan nantinya di desa," ungkapnya.

Firman Hamzah juga kembali mengingatkan kepada mahasiswa untuk disiplin dalam membuat laporan baik individu maupun kelompok.

"Laporan harian itu nantinya akan terus dipantau. Jadi kami harap diperhatikan, kalau ada yang kurang silahkan kolsultasikan ke dosen pembimbing," tambahnya.

Sementara pembekalan pertama terhadap mahasiswa KKLP membahas program kerja fisik dan non fisik dipimpin dua dosen pembimbing, Rusnaedi S.Pd, M.Si, bersama dengan Herman S.Sos, M.Si.

Bertempat di ruang kelas IIC, Rusnaedi membahas beberapa hal yang mesti jadi perhatian bagi peserta KKLP ketika menyusun program kerja.

"Jadi program kerja ini sebisanya dikoordinasikan dengan pemerintah desa. Baik fisik maupun non fisik, ibarat kata kita memberi kesan bahwa mahasiswa KKLP STIA Prima Bone mampu betul-betul memberi perubahan positif selama menjalani pengabdian," ungkapnya.

Sementara dosen pembimbing lain, Herman S.Sos, M.Si menekankan bahwa KKLP tidak melulu terkait dengan pembangunan fisik. 

Ada beberapa hal dapat diprogramkan dalam rangka pembangunan sumber daya manusia di desa. 

"Pertama, sebagai mahasiswa Ilmu Administrasi Negara. Maka, perlu memberi edukasi dalam hal tata kelolah  administrasi di desa," ungkapnya.

Hal lain adalah pembinaan UMKM di desa. Menurutnya ini juga sangat berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bagaimana mengedukasi masyarakat menciptakan produk dari bahan baku yang bersumber dari kekayaan alam di desa. Kalau ini sukses, tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat," tutupnya.

Berikut lokasi KKLP Mahasiswa STIA Prima Bone Angkatan XXII 2023:


-kelompok 1 ( Desa Wallimpong)

-Kelompok 2 (Desa Mattaropuli)

-Kelompok 3 (Desa Liliriawan)

-Kelompok 4 (Desa Tungke)

-Kelompok 5 (Samaenre)

-Kelompok 6 ( Desa Selli) 

-Kelompok 7 (Desa Bulu Alapporeng) 

-Kelompok 8 (Desa Mattiro Walie) 

-Kelompok 9 (Desa Bengo)


Related

Berita 2509383587684539471

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item