MATERI KULIAH: KEMATANGAN EMOSI

1. Pengertian Emosi


Emosi berasal dari kata dalam bahasa Latin “emotus” atau “emovere” yang berarti mencerca atau menggerakkan (to stir up). Sedangkan kematangan emosi yaitu sesuatu yang mendorong terhadap sesuatu dalam diri manusia, emosi merupakan penyesuaian organis yang timbul secara otomatis pada manusia dalam menghadapi situasi-situasi tertentu.

Emosi merupakan keadaan perasaan atau reaksi perasaan yang datangnya secara tiba-tiba terhadap perubahan situasi yang begitu melampaui batas sehingga untuk mengadakan hubungan dengan sekitarnya seseorang mungkin dapat terganggu, karena biasanya tidak dikendalikan oleh rasio atau akal. Emosi merupakan reaksi utama psikis terhadap stimuli dari lingkungan dan reaksi terhadap stimuli yang berasal dari dalam dirinya sendiri. Manusia dapat merasakan emosi sebagai suatu respon terhadap pikiran, ingatan, dan perasaan tubuh yang muncul dalam dirinya.

Emosi merupakan perasaan yang ditujukan kepada seseorang, atau reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Rasa sedih, senang, bahagia, marah, dan depresi merupakan rasa yang berbeda dan diungkapkan dengan cara yang berbeda pula. Emosi berfungsi sebagai energizer dan messenger. Sebagai energizer, emosi berfungsi sebagai pembangkit energi. Emosi dapat memberikan semangat dalam bekerja bahkan juga semangat untuk hidup, sepertierasaan cinta dan sayang. Namun, emosi juga dapat memberikan dampak negatif yang membuat merasakan hari-hari yang suram dan nyaris tidak ada semangat untuk hidup, seperti perasaan sedih dan benci. Sebagai messenger, emosi berfungsi sebagai pembawa pesan. Emosi memberi tahu bagaimana keadaan orang-orang yang berada di sekitarnya, terutama orang-orang yang dicintai dan disayangi, sehingga mereka dapat memahami dan melakukan sesuatu yang tepat dengan kondisi tersebut.

2. Kematangan Emosi

Seseorang dikatakan mencapai kematangan emosional, bilamana dia menunjukkan indikasi sebagai berikut:
  1. Dia tidak meledak di depan orang banyak, karena dapat menahan emosi-emosinya.
  2. Dia mempertimbangkan dengan kritis terlebih dahulu suatu situasi sebelum memberikan reaksi yang dikuasai oleh emosi-emosinya.
  3. Dia lebih stabil dalam pemberian reaksi terhadap salah satu bentuk emosi yang dialami.
Emosi pada dasarnya dapat dikendalikan, sehingga seseorang tidak sampai kehidupannya dikuasai oleh emosi, bahkan sebaliknya memanfaatkan emosi untuk kegiatan yang positif. Untuk itulah diperlukan kematangan emosi.
Dengan demikian kematangan emosi merupakan kondisi dimana seorang individu bisa menerima suatu keadaan atau kondisi dengan timbulnya emosi yang sesuai dengan apa yang terjadi pada dirinya tanpa berlebihan atau meledak-ledak. Individu tersebut dapat berfikir secara kritis terlebih dahulu sebelum menyatakan apa yang dirasakannya sehingga dia bisa mengutarakan hal tersebut di waktu yang tepat dan dengan cara yang dapat diterima orang lain.

3. Pendapat Ahli

Kematangan emosi menurut Wolman sebagai kondisi yang ditandai oleh perkembangan emosi dan pemunculan perilaku yang tepat sesuai dengan tingkat kedewasaan usia 39 semakin bertambah dewasa usia individu diharapkan Ia semakin objektif dalam merespon stimuli, apa pun bentuknya, ia semakin mampu membedakan antara perasaan dan kenyataan, mampu bertindak atas dasar fakta dari pada perasaan.
Caplin berpendapat bahwa emotional maturity adalah suatu keadaan atau kondisi mencapai tingkat kedewasaan dari perkembangan emosi dan karena itu yang bersangkutan tidak lagi menampilkan pola emosional yang tidak pantas.
Hurlock mengemukakan terdapat tiga kriteria seseorang dikatakan matang emosinya, yaitu:

  1. (dapat melakukan kontrol diri yang dapat diterima oleh lingkungan sosialnya;
  2.  mampu memahami dirinya sehingga mengetahui seberapa besar upaya untuk mengontrol emosi yang dibutuhkan demi memuaskan kebutuhannya yang diterima oleh masyarakat sekitar; dan
  3.  mampu menggunakan kemampuan kritis mental, yakni kemampuan seseorang untuk menilai suatu respon secara kritis baru meresponnya.

Related

Materi Kewirausahaan 965723748124484066

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item