Materi Lengkap, Definisi, Pendapata Ahli: Teori-Teori Pemerintahan Semester IV Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Administrasi Publik/Negara

A. Pengertian Pemerintahan

Pemerintahan berasal dari kata “perintah” yang setelah ditambah awalan “pe” menjadi pemerintah, dan ketika ditambah akhiran “an” menjadi pemerintahan, dalam hal ini
beda antara “pemerintah” dengan “pemerintahan” adalah karena pemerintah merupakan badan atau organisasi yang bersangkutan, sedangkan pemerintahan berarti perihal ataupun hal ikhwal pemerintahan itu sendiri.

 
 

  • Pemerintahan mengacu pada sistem yang lebih luas yang meliputi urusan, aturan, struktur, tata cara, atau mekanisme untuk menjalankan pemerintahan.
  •  Pemerintahan dalam arti sempit hanya meliputi, pemerintahan esksekutif, kemudian arti luas ada eksekutif,  legislatif dan yudikatif.

Pengertian Teori Pemerintahan


• Teori Pemerintahan Adalah  Suatu hubungan antarvariabel pemerintahan yang saling terkait, saling menjelaskan, bersifat empirik, teruji kebenarannya, dan bersifat relatif dan bahkan universal.
• Negara adalah organisasi besar yang menaungi suatu pemerintah untuk menjalankan pemerintahan. Syarat negara yakni adanya rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat dan pengakuan.

Kata perintah itu sendiri paling sedikit ada 4 (empat) unsur yang terkandung di dalamnya, yaitu sebagai berikut:
  1. Ada dua pihak yang terlibat,
  2. Yang pertama pihak yang memerintah disebut penguasa atau pemerintah,
  3. Yang kedua adalah pihak yang diperintah yaitu rakyat,
  4. Antara kedua pihak tersebut terdapat hubungan.
Secara umum, pemerintahan dapat didefinisikan sebagai organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di suatu wilayah tertentu.

Pemerintah merupakan sebuah organisasi yang memiliki:

1)  Otoritas memerintah dari sebuah unit politik;
2)  Kekuasaan yang memerintah suatu masyarakat politik (political);
3)  Aparatus yang merupakan badan pemerintahan yang berfungsi dan menjalankan kekuasaan;
4)  Kekuasaan untuk membuat peraturan perundang- undangan, untuk  menangani perselisihan dan membicarakan putusan administrasi dengan monopoli atas kekuasaan yang sah.

Pemerintahan dalam bahasa lnggris disebut government yang berasal dari bahasa Latin; gobernare, greek kybernan yang berarti mengemudikan, atau mengendalikan. Tujuan pemerintah meliputi external security, internal order, justice, general welfare dan fredom.

Tidak berbeda jauh dengan pendapat S.E. Finer yang melihat pemerintah mempunyai kegiatan terus-menerus (process), wilayah negara tempat kegiatan itu berlangsung (state), pejabat yang memerintah (the duty), dan cara atau metode serta sistem (manner, method, and system) dari pemerintah terhadap masyarakatnya.

Pendapat tersebut berbeda dengan R. Mac Iver, yang memandang pemerintah dari sudut disiplin ilmu politik, “government is the organization of men under authority.how men can be governed”. Maksudnya, pemerintahan itu adalah sebagai organisasi dari orang-orang yang mempunyai kekuasaan, bagaimana manusia itu bisa diperintah.

Jadi ilmu pemerintahan bagi R. Mac Iver adalah sebuah ilmu tentang bagaimana manusia- manusia dapat diperintah (a science of how men are governed.

Kebutuhan akan pemerintahan berangkat dari fakta bahwa manusia butuh hidup dalam komunitas, juga otonomi pribadi harus dipertahankan dalam komunitas-komunitas ini. Sebuah negara yang memiliki luas dan kompleksitas yang sangat besar biasanya akan memiliki tingkatan pemerintahan: lokal, regional, dan nasional.
 

Related

Materi Kuliah Teori-teori Pemerintahan 4024689461689650519

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item