KREATIFITAS DAN INOVASI

Karakteristik Entrepreneur


Seorang entrepreneur dimanapun berada ia akan selalu dapat membuat dunia sekitarnya menjadi lebih hidup dan bergairah karena selalu ada hal-hak yang baru dan orisinil yang ia tawarkan. Berfikir mengenai hal tersebut maka seorang entrepreneur sekurang-kurangnya memiliki 13 (tiga belas) karakteristik. Karakteristik tersebut yaitu: 1) Enthusiasm, 2) memiliki motif yang kuat, 3) selalu perspektif, 4) berdaya cipta tinggi, 5) memiliki perilaku inovatif tinggi, 6) memiliki komitmen dalam pekerjaan, 7) memiliki etos kerja dan tanggung jawab, 8) mandiri atau tidak tergantung pada orang lain, 9) berani menghadapi resiko, 10) selalu mencari peluang, 11) memiliki jiwa kepemimpinan, 12) memiliki kemampuan manajerial, dan 13) memiliki kemampuan personal.

Enthusiasm (Antusisme) 

Kata enthusisasm berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu: Entheos yang berarti Tuhan menyertai. Kata antusias atau antusiasme ini dalam bahasa Indonesia dipahami sebagai kegairahan atau kegembiraan yang besar, gelora semangat atau minat terhadap sesuatu, semangat yang berapi-api atau bisa juga disebut sebagai terobsesi terhadap sesuatu (yang ingin dicapai). 

Kegairahan atau kegembiraan merupakan energi tambahan yang memungkinkan orang melakukan sesuatu yang besar. Ingat bahwa monomen-monomen besar di dunia dibangun atas nama cinta dan kegairahan yang besar. Kegairahan atau kegembiraan akan membuat orang dapat melakukan segala sesuatu menjadi lebih mudah. Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan kegembiraan juga akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Mengedepankan antusiasme di dalam hidup secara tidak sadar akan dapat mengubah cara berpikir, perasaan dan tindakan, serta menjauhkan kita dari segala yang berbau negatif. Mengisi seluruh rongga hidup kita dengan kekuatan antusiasme tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi sekaligus menjadi alat perekat dalam berkomunikasi di dalam keluarga dan antar komunitas. Beberapa hal positif dari antusisme antara lain:


(1) Menjauhkan diri kita dari fanatisme yang keliru sehingga menghindarkan kita dari kehancuran.
(2) Menjadi motivasi yang luar biasa untuk meraih cita cita hidup kita.
(3) Mendorong kita untuk tidak pernah berhenti belajar.
(4) Memahami bahwa kita bukanlah sosok yang tahu segala galanya.
(5) Menciptakan daya kreatifitas dalam diri dan meningkatkan segala daya daya hidup yang merupakan karunia Tuhan dalam diri kita.
(6) Menjauhkan kita dari sikap arogan dan rasa saleh diri, serta mencegah kita agar tidak terjerumus menjadi manusia yang munafik.
(7) Menjadikan kita tabah, menghadapi segala masalah hidup.
(8) Menjadi obor ketika kita berada dalam kegelapan.
(9) Menjadi sarana dan prasarana untuk menyerap dan menghimpun energi. 

Tanpa antusiasme hidup akan menjadi jenuh. Hidup yang dijalani tanpa memiliki antusiasme dengan mudah akan jatuh ke dalam keputusasaan. Antusiasme yang dijaga dan dirawat dengan baik pada waktunya akan menghadirkan kearifan hidup. Tanpa mengabaikan peranan Tuhan di dalam hidup kita, namun sesungguhnya nasib itu ada di dalam telapak tangan kita masing masing. Ditangan yang sama kita juga sudah diberikan kunci untuk meraih cita cita hidup. Kita diberikan kebebasan oleh Sang Pencipta untuk memilih dan apa yang kita pilih akan menjadi hidup kita.
Seorang entrepreneur yang baik harus memiliki antusiasme dan semangat yang besar. Dengan demikian, orang di sekitarnya bisa terinspirasi dan termotivasi oleh semangatnya. Sebagai orang Indonesia kita tentu ingat kisah Jenderal Sudirman, pemimpin Tentara Nasional Indonesia dalam perang gerilya. 

Dalam keadaan sakit dan harus ditandu Jenderal Sudirman tetap penuh semangat menggelorakan perlawanan terhadap Belanda. Semangat Jenderal Sudirman itu menular ke anak buahnya, dengan persenjataan seadanya mereka pantang menyerah terhadap Belanda.
Kisah Jenderal Sudirman di atas menjadi contoh bagaimana antusiasme pemimpin dalam bekerja dan memimpin sebuah organisasi atau tim tentu berdampak positif untuk anggota organisasi tersebut. Menurut Daniel Wang, creator dari Loopring Protocol dan founder dari Loopring Foundation, antusiasme dari seorang pemimpin dapat membantunya menemukan permasalahan dalam industri bisnisnya sehingga inovasi yang awalnya muncul dari sebuah masalah akan terciptalah sebuah produk atau jasa yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

 

Related

Materi Kewirausahaan 8070410973744083550

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item